Friday, August 30, 2013

Pasar Gudang Lelang

Seperti pasar pada umumnya, pasar gudang lelang adalah lokasi aktivitas jual beli. Berada pada kota Bandar Lampung, Teluk Betung, pasar ini sangat dekat dengan laut. Uniknya, saat pagi hari pasar ini seperti pasar lainnya sedangkan sore hari menjadi pasar ikan karena lokasi yang dipinggir laut. Para nelayan yang pulang melaut langsung menjual ikan hasil tangkapannya, yang sudah pasti dijamin kesegarannya.

Lokasi pasar pagi dan pasar sore berbeda. Pasar pagi sudah seperti pasar modern, sudah berlantai keramik dengan penempatan kios yg teratur yang berlokasi dekat jalan masuk ke daerah pasar gudang lelang, sedangkan pasar sore tepat berada diujung jalan tepat disebelah perahu-perahu nelayan berlabuh. Pada pasar ini juga sesuai dengan namanya mempunyai aktivitas lelang, pelelangan ikan tepatnya. Ikan yang ditangkan nelayan diletakkan di tempat lapang dan dilelang, tanpa ditimbang terlebih dahulu. Mungkin istilahnya 'beli borongan' tapi untuk penawar tertinggi.

Saya kebetulan sering ke pasar ini saat libur lebaran, tapi nasib membuat saya hanya membawa kamera saat pagi hari, jadi saat sore tidak ada dokumentasi. Semoga penjelasan singkat saya bisa cukup memberika bayangan.










Bandar Lampung, Indonesia. 2013.
Minolta SRT 101B // Minolta Rokkor PG 50 f1.4 // Fuji Superia 200.
Photo & Text: Perlambang Kharisman

2 comments: